Kriteria Sang Idaman Hati

01.49

Kriteria laki-laki atau wanita idamanmu seperti apa guys?

Mengingat apa yang ustadzah ajarkan di asramaku pada mata kuliah fiqh munakahat beberapa hari yang lalu, bahwasannya bagaimana sih kriteria laki-laki dan wanita yang dicari sesuai ajaran islam?

Pada laki-laki, yang pertama sangat diutamakan untuk melihat bagaimana kesholehannya? Bagaimana agamanya? Bagaimana tingkat keimanannya? Kemudian yang kedua barulah melihat bagaimana ketakwaannya?

Begitu juga pada wanita. Sesuai sabda Rasulullah bahwa carilah wanita yang akan dijadikan pendamping hidup dengan melihat empat macam kriteria. Yang pertama lihatlah agamanya, sama seperti ketika menilai kriteria pada laki-laki. Bagaimana agama wanita tersebut? Sholehah kah? Muslimah kah? Bagaimana ibadahnya? Rajin ibadahkah? Atau malah sebaliknya? Kemudian yang kedua, barulah melihat kecantikan parasnya. Cantik sesuai yang diinginkan tidak? Artinya Rasulullah disini juga mengizinkan kita untuk melihat dari sisi kecantikan si wanita.

Namun, saat ini kebanyakan yang pertama di lihat adalah sisi kecantikan atau ketampanan seseorang. Kalau tidak tampan tidak mau. Kalau tidak cantik juga tidak mau. Padahal belum tentu cantik atau tampan di wajah juga cantik atau tampan di hati, betul tidak? *aa gym style, hehe

Ngebet ingin punya pasangan yang tampan? Siap-siap aja ketika kita sebagai istrinya sudah mulai menua dan tidak cantik, si dia mulai melirik wanita lain yang lebih cantik dari kita #jangansampai lah ya
Kemudian yang ketiga adalah harta dan yang keempat adalah nasab.

Loh, kok malah harta yang dijadikan sebagai salah satu kriteria ada pada wanita bukan laki-laki?
Harta juga menjadi salah satu kriteria pada wanita yang di cari sesuai apa yang Rasulullah ucapkan. Tapi bukan berarti tidak pada laki-laki. Artinya kita juga boleh memandang bagaimana ekonomi si laki-laki. Dari keluarga yang kaya kah? Dari keluarga yang mampu kah? Atau malah sebaliknya?

Terkadang, hal ini juga menjadi salah satu pertimbangan utama pada masa sekarang. Selain yang pertama di lihat adalah cantik atau tampan tidaknya dan yang kedua adalah kaya tidaknya si dia? Punya banyak duit tidak?

Ngebet ingin punya pasangan yang kaya raya? Siap-siap aja ketika si dia benar-benar sudah kaya, akan ada selingkuhan-selingkuhan yang dia sembunyikan atau akan mendua, mentiga, menempatkan kamu sebagai istrinya #jangansampai lah ya.

Sebenarnya tidak hanya itu kriteria-kriteria yang diajukan dalam mencari pasangan. Semuanya terserah pada diri kita sendiri. Ingin memiliki pasangan yang seperti apa? Hanya saja, kriteria di ataslah yang menjadi dasar atau yang di anjurkan dalam islam dan yang paling paling paling penting adalah bagaimana agamanya?

Intinya pantaskan lah dirimu saat ini. Jodoh sudah Allah yang mengaturnya. Berdoa dan memohon kepada-Nya untuk diberikan yang terbaik J


You Might Also Like

0 komentar