Belajar Menghargai Waktu

20.56


Setiap insan manusia memiliki jatah waktu yang sama dalam setiap harinya yaitu 24 jam, baik pada hitungan detiknya maupun menitnya. Yang membedakan hanyalah kualitas dari setiap waktu oleh individu. Berkualitaskah di setiap waktunya? Menjadi individu yang produktif kah di setiap jamnya? Hal inilah yang menjadi persaingan pada diri kita semua.

Waktu akan terus berjalan dan tak akan pernah kembali. Ibarat air yang terus mengalir dari dataran tinggi menuju dataran rendah hingga akhirnya menggenang pada sebuah danau dan rawa. Artinya waktu di dunia akan terus berjalan hingga hari kiamat itu datang dan jika Allah sendiri lah yang berkehendak untuk mengehentikannya. Waktu yang Allah ciptakan akan terus berkurang seiring berjalannya waktu itu sendiri.

Akan sangat merugi jika seseorang di setiap harinya tidak produktif atau tidak melukakan progressif apapun. Seperti yang sudah dijelaskan dalam surat Al-Ashr dalam Al-Quran, yang mana memiliki arti kandungan sangat dalam. Disini Allah mengingatkan akan berjalannya waktu yang silih berganti. Mulai dari melencengnya hingga terbenamnya matahari. Memaknai dua kerugian, yaitu kerugian di dunia dan akhirat kecuali orang-orang yang diperkecualikan oleh Allah. Dan dari surat ini pulalah yang merupakan sebuah pengingat ataupun peringatan untuk kita semua.

So, bagaimana supaya kita tidak menjadi salah satu orang yang merugi atau lebih bisa menghargai waktu? Orang yang belum bisa menghargai atau menyia-nyiakan waktu karena dia belum benar-benar tahu betapa berharganya waktu. Waktu yang sudah di lalui tak mungkin akan kembali.

“Time is more valuable than money”

Jadi disini sangat saya sarankan untuk melakukan hal-hal yang lebih menghargai waktu, saya masukkan juga beberapa dari Young On Top Jogja.
  1. Buatlah list kegiatan yang akan dikerjakan di hari itu dan jadikan panduan agar pekerjaan kita sesuai dengan target dan tujuan.
  2. Disiplin waktu. Be on time! Artinya apabila kita telah menetapkan sebuah jadwal dan target di hari dan jam yang sudah ditentukan, maka berusaha lah untuk tepat waktu. Karena belajar on time sama dengan belajar meghargai waktu. Tidak mau bukan jika kita akan kehilangan kesempatan karena terlambat?
  3. Hindari membuka media sosial berlama-lama. Karena hal ini akan benar-benar memakan waktu banyak. #pengalamansendiri #sedangberusaha, hehe.
  4. Hindari tidur pagi. Selain tidak baik untuk kesehatan juga menurunkan rezeki kita. Kalau kata orang tua zaman dulu itu “nanti rezekinya di patok ayam lhooo... | Ayam kan juga butuh rezeki #nahloh* Selain itu juga dapat menurunkan kadar semangat aktifitas kerja kita.
  5. Di waktu luang bingung mau ngapain? Baca buku aja! Sudah tau lah ya impact positifnya apa buat diri kita? Tentu saja, banyak manfaatnya. Wawasan kita otomatis akan bertambah, pikiran kita jadi luas, jadi paham akan segala informasi dan tidak kudet (kurang update), bakal nyambung kalau di ajak berbicara dengan teman.


Semoga kita menjadi orang-orang yang beruntung dan tidak merugi, dan lebih bisa menghargai waktu. Semangt guys! J

You Might Also Like

0 komentar