Keberanian Berawal dari Peraya Diri

20.01





Percaya diri memang harus dibangun pada diri seseorang. Karena hal ini memiliki peran yang sangat penting. Ketika percaya diri itu telah tumbuh pada diri seseorang,  banyak manfaat positif yang didapatkan. Menurut Sumantri Mertodipuro, rasa percaya adalah sendi keberanian. Dan rasa percaya itu harus dijiwai dengan keyakinan kepada diri sendiri.

Selfconfidence is a kind of Heroism (“Yakin kepada diri sendiri adalah semacam Kepahlawanan”) kata seorang penulis bahasa Inggris.

Sudah jelas orang yang memiliki keberanian sebab ia memiliki keyakinan pada dirinya. Bagaimana ia mengambil keberaniannya tersebut jika tidak pada dirinya sendiri. Ia percaya dan yakin atas kecerdasannya, kecakapannya, kepribadiannya, dan kemampuannya. Ia yakin atas kelebihan yang ia miliki. Intinya ia yakin dengan tenaganya sendiri dan sifat-sifatnya sendiri.

Nah, untuk itu kita harus bisa mengenal diri kita sendiri terlebih dahulu. Jujurlah terhadap diri kita sendiri. Tak perlu ada yang ditutup-tutupi. Semakin kita jujur, maka akan semakin bagus dalam memperbaiki diri kita. Memang, untuk mengenal diri sendiri  secara sempurna sangatlah tidak mungkin. Tapi apa salahnya jika berusaha untuk mengenal diri kita sendiri secara maksimal. Mulailah dengan membuat catatan-catatan mengenai dirimu. Baik itu sifat positif maupun negatif yang kamu miliki. Sehingga, sangat ditekankan lagi bahwa semakin kamu jujur terhadap dirimu sendiri akan semakin baik pula kamu dalam mengenal dirimu dan memperbaikinya. Misalnya dengan memulai sebuah pertanyaan-pertanyaan apakah saya jujur? Apakah saya setia? Apakah saya berfikir dengan cepat? Atau apakah saya malas? Apakah saya pemalu? Apakah saya ceroboh? Dan masih banyak pertanyaan lain yang bisa kamu buat dan jawab sendiri. Hal ini bermaksud agar menambah pengertian dan memperbaiki pengetahuan tentang diri kita sendiri.

Disamping berusaha dalam mengenal dan memperbaiki diri, kita harus memiliki keberanian dalam menghargai diri pula. Jangan menilai atau menghargai diri kita terlalu rendah. Karena apa? Hal itu dapat mematikan semangat yang tumbuh dalam diri sehingga membuat hidupmu menjadi suram. Ketika kita menaksir diri kita telalu rendah, maka secara tidak langsung kita akan menghalangi diri kita untuk mencapai sebuah kesuksesan.

“Aku hanya anak orang kecil. Tak mungkin aku bisa sehebat dia yang bapaknya adalah seorang pejabat tinggi.”

“Ah, bisa apa aku ini? Dia jauh lebih pintar dibanding aku. Tak mungkinlah aku bisa menandinginya.”

Pikiran-pikiran semacam itu adalah orang yang menganggap bahwa dirinya rendah. Saya yakin, orang yang memiliki pikiran seperti itu dan menganggap dirinya rendah hidupnya pasti tak akan bahagia. Ia menyerah lebih dulu sebelum mencoba. Bung Hatta mesti senang dengan ucapan filsuf Herakleitos, “Bahwa perjuangan adalah Bapak segala Kemajuan.” Memang, perjuangan ialah tanda kemajuan, tanda peradaban dan kehidupan.

Ayo guys, kita harus berjuang! Ciptakan keberanian dan percaya diri dalam diri kita! Jangan menganggap bahwa diri kita ini rendah. Pancarkan kelebihan-kelebihan yang kita miliki. Manfaatkan kelebihan tersebut. Beranilah jujur dalam diri sendiri dan teruslah untuk memperbaiki diri. Jika kita telah memiliki percaya diri yang kuat, dengan mudah kita akan menuju sebuah kesuksesan. Sebagai contoh kecil, misalnya dalam sebuah kelas dengan mata perkuliahan teori ekonomi mikro atau apapun itu, ketika dosen meminta penjelasan kita atas pertanyaan yang beliau ajukan. Tidak banyak mahasiswa yang memiliki keberanian untuk mengutarakan argumennya. Namun, bagi dia yang memiliki percaya diri yang besar, masalah benar atau salah adalah urusan akhir, dengan keberaniannya akan mengacungkan tangan dan siap memberikan argumennya. Jikalau pandangannya tidak seperti yang dosen harapkan, toh dia sudah mendapatkan nilai plus karena dia sudah ‘berani’ dan mau untuk aktif. Tidak ada ruginya bukan? Syukur-syukur bonusnya bakal diinget dosen karena sudah berani untuk aktif.

So, mari kita tumbuhkan rasa percaya diri dalam diri kita sehingga nantinya akan menciptakan sebuah keberanian yang dapat kita gunakan dalam mencapai sebuah kesuksesan. Tidak ada ruginya kok, dijamin deh! Semangat kawan.

You Might Also Like

1 komentar

  1. yup! kita harus berani dan juga percaya diri...

    jangan lupa mampir di blog saya yaa...
    http://fchrz.wordpress.com

    BalasHapus